English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Puskesmas Kuranji Miliki Klinik Berhenti Merokok

Pewarta : Ira Febrianti
Padang, (AntaraSumbar) – Salah satu puskesmas di Kota Padang yakni Puskesmas Kuranji telah memiliki Klinik Berhenti Merokok yang bertujuan membantu para perokok untuk bebas dari kecanduan terhadap rokok.

“Di Padang saat ini baru ada satu Klinik Berhenti Merokok yang sudah ada sejak 2013 dan masih tahap percobaan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Feri Mulyani di Padang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini klinik tersebut memiliki tenaga dokter dan perawat yang telah dilatih untuk membantu pasien yang ingin lepas dari kecanduan merokok.

“Pasien yang datang ke klinik akan diadvokasi, dipastikan terlebih dahulu niat pasien untuk benar-benar berhenti merokok, selanjutnya pasien diberi perlakuan tertentu,” jelasnya.

Ia mengatakan perlakuan yang diberikan berupa konsultasi namun jika dibutuhkan pasien akan diberi obat.

Namun pemberian obat masih terkendala ketersediaan obat yang sangat minim dan harganya mahal sehingga saat ini perlakuan yang diberikan lebih dimaksimalkan dalam bentuk konsultasi.

“Hingga saat ini sudah ada 10 orang pasien dan tingkat keberhasilan tergantung pada kuantitas kedatangan pasien ke klinik,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk ke depan direncanakan akan menambah tenaga psikolog di klinik tersebut.

Psikolog Universitas Andalas (Unand) Kuswardhani Susari Putri mengatakan sebelum seseorang menjadi pecandu rokok, tahapan paling krusial yang dilalui adalah saat sebelum memutuskan untuk merokok.

“Tahapan tersebut biasa disebut tahap persiapan merokok. Dalam tahapan ini, terjadi pembentukan opini diri mengenai rokok atau adanya pandangan positif terhadap rokok akibat adanya iklan-iklan rokok yang beredar dengan slogan positif,” ujarnya.

Selain itu, bagi anak-anak, perilaku orangtua akan sangat berpengaruh bagi kemungkinan seorang anak untuk ikut merokok.

“Bila perilaku orang tua tidak keras terhadap rokok, dapat memungkinkan si anak akan ikut merokok terlebih bila orangtua merokok di hadapan anaknya,” katanya. (cpw)
Editor : Joko Nugroho

sumber : http://sumbar.antaranews.com/berita/161683/puskesmas-kuranji-miliki-klinik-berhenti-merokok.html


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});