English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Sejumlah Pohon Tumbang di Padang Akibat Angin Kencang

Pemerintah Kota Padang memotong dan menyingkirkan batang pohon yang ditumbangkan angin kencang pada Senin pagi, antara lain di Jati, Markas Polresta Padang, sekitar SMPN 30, Lubuk Buaya dan Korong Gadang.

“Sudah ada pohon tumbang yang dipotong sejak tadi pagi di beberapa kawasan,” kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang, Budi Warman di Padang, Senin.

Ada sekitar 24 lokasi pohon tumbang. Akan tetapi untuk pemangkasan dan pemotongannya didahulukan yang berada di pusat kota karena mengganggu pengguna jalan.

“Kami usahakan 24 titik tersebut dapat terselesaikan pada hari ini juga,” ujarnya.

Dalam membersihkan sejumlah pohon tumbang ini, Dinas Kebersihan dan Pertamanan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP.

Budi mengatakan, BPBD juga menebang pohon tumbang di beberapa kawasan, di antaranya di Kuranji.

“Alhamdulillah komunikasi antara kami dengan BPBD dan satpol PP sangat baik sehingga informasi lebih cepat didapatkan,” ujarnya.

Kepala SeksiPenghijauan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Padang, Alfiandi mengatakan pihaknya telah memantau pohon di pinggir jalan yang berpotensi tumbang atau mengganggu kabel listrik.

Namun, karena angin yang terjadi pada hari ini cukup kencang, banyak pohon yang tumbang, katanya.

“Biasanya kami memotong dan merapikan pohon pada pagi hari atau pada jam-jam sepi pengendara, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan,” katanya.

BPBD dan Pemadam Kebakaran Padang menyebutkan, angin kencang yang melanda kota itu Senin pagi mengakibatkan pohon tumbang sejumlah daerah, seperti Belimbing, Jalan Damar, Jati, Balai Baru, Durian Taruang, dan Kuranji.

Angin kencang juga menyebabkan seng atap rumah warga terbang, seperti di daerah Kuranji. (*)

Sumber : Antara Sumbar
Senin, 25 Januari 2016 13:56 WIB
Pewarta : Lusyana Nurzid
Editor : Joko Nugroho