English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

SMAN 2 Pariaman Gelar Pertunjukkan Seni dan Budaya, Dihadiri Tim Jambore Malaysia


PARIAMAN – SMAN 2 Pariaman, Sumatera Barat adakan pagelaran seni dan budaya di lingkungan sekolah, kemarin. Pertunjukkan seni dan budaya lokal dan nasional tersebut dihadiri juga oleh tim jambore wisata negara serumpun dari Malaysia.

Menurut Baharrudin Kepala SMA N2 Pariaman pagelaran seni dan budaya dipentaskan khusus dilingkungan sekolah merupakan dalam rangka pengambilan nilai siswadan pemantapan extrakurikuler.

“Pertunjukkan seni yang ditampilkan siswa berasal dari berbagai daerah baik Sumbar, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua termasuk dari Sumatera sendiri yang jelas ada 25 macam penampilan, dengan tema yang kita hadirkan “Mambangkik Batang Tarandam”,ujar Baharrudin.

Ia juga menyebutkan, disamping memperkenalkan berbagai macam kesenian dan budaya daerah pada siswa, pertunjukkan seni bertujuan juga untuk mendongkrak kreatifitas dan mempertahankan budaya lokal yang sudah mulai memudar.

pagelar seni yang dipertunjukkan oleh kls X dan KLS X1 berupa tari saman dari aceh, musik kolosal, randai, tari piring, tari kecak bali dan lainnya.

Baharrudin juga mengatakan pertunjukkan seni secara terbuka tersebut juga di selingi dengan pameran seni karya dan keterampilan tangan.

“kita memiliki sanggar seni “Sentak Sairiang” yang merupakan wadah tempat siswa/i di berikan bimbingan dan pelatihan di bidang seni, guru pembimbing merupakan dari sekolah sedangkan pelatihnya ada juga yang kita datangkan dari ISI Padang Panjang, dan meskipun yang pertama diadakan alhamdulillah berlangsung sukses,” kata Baharruddin.

Dengan adanya pertunjukkan seni ini kata Bahar, maka akan membuat si anak bisa berkreatifitas untuk menyalurkan bakat dan minat serta mengasah kemampuannya untuk berakting, yang biasanya dilakukan hanya diruang tertutup kemudian dibuka secara bebas di lingkungan sekolah, akan dapat membentuk mentalnya dan lebih percaya diri disaat nanti bila dipanggil keluar daerah dan tampil didepan umum.

“Pertunjukkan seni kita pada kali ini juga dikunjungi dan disaksikan langsung oleh peserta jambore wisata serumpun dari malaysia yang kebetulan mereka juga melakukan jambore budaya, dan sesuai dengan tujuan pagelaran seni dan budaya ini maka kita minta jugalah mereka hadir di SMA N2,” kata Bahar.