English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Sumbar Siap Sambut Tamu Acara Nasional dan Internasional, Kata Gubernur

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengatakan siap menyambut semua pihak yang akan melaksanakan acara dan kegiatan berskala nasional atau internasional sebagai salah satu upaya memperkenalkan potensi wisata daerah.

“Menjadi tuan rumah bagi beragam acara nasional akan membawa dampak meningkatkan kunjungan wisata ke Ranah Minang. Pemprov Sumbar akan dengan senang hati menerima tamu dari seluruh Indonesia baik untuk berkongres seminar, Munas maupun kegiatan lain,” katanya di Padang, Senin.

Ia menambahkan itu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata ke daerah itu yang ditargetkan mencapai 8,2 juta pada 2018.

Sumbar memiliki sejumlah hotel dengan kamar yang sangat memadai dari segi jumlah dan kualitas. Selain itu juga tersedia ruang pertemuan yang mampu menampung seribu lebih peserta sehingga semua acara berskala nasional dapat digelar di daerah itu.

Ditambah lagi banyaknya destinasi wisata dalam kota serta pusat kuliner yang mengundang selera, bisa dikunjungi di sela-sela waktu istirahat.

Potensi itu dinilai menjadi kelebihan dari Sumbar hingga beberapa tahun terakhir kegiatan nasional seperti Musyawarah Nasional (Munas), konferensi dan seminar nasional makin sering digelar di provinsi itu.

Apalagi setiap tamu pada acara nasional yang datang selalu diberi penghormatan dengan jamuan makan malam oleh gubernur dan pejabat terkait di Istana Gubernuran.

“Setiap tamu yang datang kita ajak untuk ikut menikmati keindahan destinasi alam dan budaya serta nikmatnya kuliner Minang,” ujar Irwan.

Ia optimis pengalaman secara langsung akan berkesan bagi pengunjung hingga akan membantu promosi Sumbar pada jejaringnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu pada 2018 ditargetkan 8,2 juta orang.

Selain itu untuk 2019, Kementerian Pariwisata memberikan target 100.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumbar selain kunjungan 8,5 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Untuk mewujudkannya perlu peningkatan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata sekaligus meningkatkan promosi.

Sumber : sumbar.antaranews.com