English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

TdS Dimeriahkan Fun Bike

sepeda ontel meriahkan fun bike jelang TDS 2012

Tiga Minggu jelang Tour de Singkarak (TdS), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat semakin me­nun­jukkan keantusiasan dan keseriusannya dalam iven In­ternasional tersebut. Fak­ta­nya, ke­marin (16/5) Pemprov meng­gelar Fun Bike ‘Pemprov Sum­bar 2012 Pra-TdS’ yang diikuti 500 peserta. Mereka berasal dari masyarakat umum dan SKPD di lingku­ngan Pem­prov. Kegiatan terse­but meru­pakan kerjasama Pem­prov dengan Solindo Duta Convex.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim. Start di halaman kantor Gubernur, Jalan Sudirman, menuju Khatib Su­laiman me­nu­ju DPRD Sumbar atau jalan Hamka, Jalan Ulak Karang, Pantai Padang, Jalan A Yani dan kembali ke ha­laman Kan­tor Gubernur.

Menurut Muslim Kasim, kegiatan Fun Bike Pra TdS tersebut bertujuan untuk me­nghangatkan dan memeriahkan kedatangan iven inter­nasional tersebut. Bukan hanya itu, fun bike tersebut juga bertujuan untuk menciptakan hidup sehat de­ngan berolahraga sepeda dan menggalakkan olahraga sepe­da di Sumbar. ”Diharapkan inat masyatrakat bersepeda jadi lebih tinggi, dan kita harus memulainya dari sekarang,” ujar pria berkacamata itu.

Ia meyebutkan dengan adanya fun bike sebagai pra TdS ini, maka masyarakat Sumbar akan semakin men­cintai olahraga sepeda yang sangat ramah lingkungan, selain bisa menjaga kesehatan pengendaranya.

Muslim juga mangatakan, dengan adanya masyarakat yang mau bersepeda maka komunitas-komunitas sepeda akan terbentuk dengan sendi­rinya dan otomatis akan mem­buat lingkungan semakin ra­mah serta membuat orang akan banyak mencintai olahraga ini.

Pada kesempatan itu Mus­lim juga meresmikan kepe­ngurusan Komunitas Sepeda Sumatera Barat. Komunitas itu Diketuai Danang W Jati, dengan Ketua I Onzukrisno, Ketua II Gus­nadi, Sekretaris Didit Permadi, Sekretaris I Adib Alfikri, dan Bendahara Asben Suhendri. Dan ia akan berencana meli­batkan ko­mu­nitas sepeda Su­ma­tera Barat tersebut untuk ikut serta dalam ajang TdS.

Terkait penyelenggaraan TdS, mantan Bupati Padang Pariaman itu menghimbau kepada masyarakat Sumbar agar bersama-sama mensuk­seskan kegiatan yang menjadi agenda tahunan PB ISSI ter­sebut.

Karena menurutnya iven internasional TdS sebagai upaya menggairahkan ekono­mi dan pariwisata di Sumbar yang berdampak sangat besar terhadap multiplier effect kehi­dupan masyarakat. dan ten­tunya masyarakat lebih ter­buka dengan kedatangan turis asing dari berbagai negara dibelahan dunia yang ikut dalam iven Internasional itu.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Burhasman Bur me­minta kepada masyarakat agar tidak melakukan protes ke­pada pemerintah akibat di ditutupnya jalan yang dilalui oleh peserta Tour de Si­ng­ka­rak nantinya. “Di­harapkan ma­syarakat ikut berperan dalam TdS ini,” ajaknya.

Ketua Pelaksana Fun Bike Pra TdS Chairul Umaiya yang ju­ga Direktur So­lindo Duta Convex mengatakan Fun Bike ini di­ikuti oleh lebih kurang 500 peserta yang terdiri dari m­­asyarakat umum dan SK­PD di­lingkungan Pemprov Sum­bar yang datang dari berbagai dae­rah di Sumbar seperti Agam dan Bu­kit­tinggi. (mg10)

sumber : Padang Ekspres • Kamis, 17/05/2012