English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Tugas Uni-Uda Terpilih Promosikan Pariwisata dan Budaya Padang

Padang – Pemerintah Kota Padang, Sumbar mendorong duta wisata uni dan uda terpilih untuk menggali lebih dalam potensi bidang tersebut di kota Bengkuang.

“Telah terpilih duta wisata uni dan uda beberapa hari lalu, tugas selanjutnya mempromosikan wisata dan budaya Padang ke luar,” kata Sekretaris Daerah Kota Padang, Asnel di Padang, Selasa.

Dalam hal ini duta wisata tersebut bukan semata mengenalkan beragam objek wisata saja, namun juga kreatif dan inovatif dalam menciptakan pemikiran tentang wisata dan budaya.

Termasuk memberikan rekomendasi dan mendukung terkait program wisata yang dilaksanakan pemerintah.

Menurutnya saat melakukan seleksi, duta wisata berkeliling dan mengamati perkembangan wisata dan budaya di Padang, diharapkan ini menjadi modal untuk mempromosikannya.

“Tidak hanya mempromosikan, namun juga bisa menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan wisata,” ujarnya.

Misalnya menggerakkan warga untuk tidak merusak fasilitas wisata di pantai atau ikut membersihkan lokasi wisata.

Kemudian bersama kelompok sadar wisata yang saat ini jumlahnya puluhan, duta wisata juga terus membantu pengembangan informasi terkait wisata.

“Seorang duta juga harus menguasai budaya daerahnya, termasuk mempromosikannya,” tambahnya.

Dalam hal ini seorang duta juga bisa mendorong masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan sikap berdasarkan asas Minangkabau, Adat Basandi Syara’ dan Syara’ Basandi Kitabullah.

Artinya melalui prinsip tersebut seorang duta dapat mengidentifikasi kemudian mengenalkan kebudayaan seperti kesenian ke dunia.

Misalnya mengenalkan rabab, tari piring, tari gelombang, randai, silek atau sipak rago.

Dengan catatan para duta juga mampu melakukan penampilan budaya tersebut untuk meyakinkan masyarakat dalam provinsinya.

“Bila duta telah berinisiatif, pemkot siap membantu baik dari materi serta non materi,” kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi menyebutkan pemilihan uni dan uda kota Padang 2018 diikuti oleh 93 orang kemudian diseleksi tinggal 30 orang atau 15 pasang yang masuk babak final.

Kelima belas pasang ini telah dipilih satu pasang yakni Indah Putri Hendari sebagai uni dan Bima Govaroli sebagai uda.

Penghargaan uni uda duta wisata menjadi paling bergengsi di antara sembilan penghargaan lain yakni uni dan uda wakil I, wakil II, intelegensi, berbakat, favorit, peduli HIV, duta lingkungan, anti narkoba dan duta ekonomi global.

Sumber : sumbar.antaranews.com

Tags: