English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Urak Balabek, Upaya Mempertahankan Kebudayaan

Tradisi Urak Balabek yang digelar IPSI Kota Padang merupakan pelestarian nilai-nilai tradisi dan budaya di Nagari Pauh IX, Kecamatan Kuranji. Ini ditegaskan oleh Ketua Badan Musyawarah Nagari (BMPN) Pauh IX Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek di sela-sela menyambut arak-arakan bendi yang membawa para pendekar.

Acara tersebut sekaligus untuk pengukuhan para pendekar atau guru silek yang didahului dengan penyembelihan kerbau dan arak-arakan.

Datuk Rajo Magek mengatakan, Pauh IX adalah daerah yang tetap ikut mempertahankan nilai-nilai adat dan budaya. Ninik mamak selalu berupaya memelihara nilai-nilai tersebut agar tetap hidup di tengah masyarakat.

“Kami sangat mendukung digelarnya kegiatan ini karena merupakan upaya pewarisan nilai-nilai budaya dan adat di Pauh IX,” cakap M. Fikar Datuk Rajo Magek pada Kamis (27/2).

“Acara Urak Balabek tersebut merupakan prosesi malewakan gala guru atau tuo silek. Tuo silek ini nantinya yang berperan mengajarkan silek ke anak sasian atau murid di sasaran atau pergurun silat,” ungkap Muhammad Fikar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian mengatakan, acara Urak Balabek merupakan bagian dari pelestarian nilai-nilai adat dan budaya si Ampek Baleh, yaitu Pauh V dan Pauh IX.

“Kegiatan Urak Balabek ini merupakan tradisi anak nagari Pauh IX, yang terdiri dari sembilan tapian. Kesempatan ini juga dalam rangka melestarikan nilai-nilai tradisi dan budaya,” ujar Arfian.

Adapun rute arak-arakan tersebut mengambil start di halaman Kantor KAN Pauh V. Selanjutnya, arak-arakan akan melewati jembatan Lambuang Bukik terus ke Simpang Kuranji, berbelok ke Belimbing melewati Gunung Sarik terus ke Bypass finish di Kantor KAN Pauh IX.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel