English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Wagub Sumbar: Kegiatan Pariwisata untuk Pengembangan Perekonomian Daerah

Kegiatan pariwsata di Sumatera Barat pada dasarnya untuk pengembangan perekonomian daerah yang manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat. Di tahun 2019 lalu angka kunjungan wisatawan ke Ranah Minang mengalami peningkatan.

Nasrul Abit berharap, untuk data kepariwisataan jumlah kunjungan wisatawan dihitung melalui pintu masuk wisata dan wisatawan yang menginap di hotel, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dihitung dari imigrasi dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Selain itu, angka kunjungan tersebut dibarengi dengan sejumlah destinasi kreatif yang sudah bermunculan diiringi destinasi digital, juga turut mempromosikan daerah wisata.

Begitu juga event-event budaya yang unik, spesifik dan khas Sumatera Barat yang tidak kalah menariknya. Sangat banyak warisan budaya.

“Mari gali segala potensi budaya yang kita miliki. Objek pemajuan kebudayaan yang perlu dilestarikan, dilakukan perlindungan, pemanfaatan dan pengembangan. Jadikan pariwisata sebagai income pemasukan terbesar di Sumbar,” ucap Nasrul Abit pada pembukaan Rapat Koordinasi Pengembangan Pariwisata se-Sumatera Barat di Aula Kantor Dinas Pariwisata, Selasa (21/1).

“Mari bersama kita pelihara dan lestarikan budaya yang telah diwariskan dari pendahulu dan tanggungjawab bersama dengan ciptakan suasana yang aman, nyaman dan menyenangkan setiap setiap orang berkunjung ke Sumbar,” ajak Nasrul Abit.

Selanjutnya Nasrul Abit mengatakan, pengembangan pariwisata halal di Sumbar harus didukung semua pihak termasuk hotel dan rumah makan. Perlu adanya standar operasional di hotel dan rumah makan yang ada di daerah. Kemudian yang tidak kalah penting adalah harus memiliki sertifikat halal.

Wagub juga menyinggung tentang event Tour de Singkarak (TdS) dan berharap kabupaten/kota bisa berpartisipasi dalam menghidupkan pesona daerahnya dengan melakukan perbaikan seperti menyiapkan akomodasi bagi pembalap sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh UCI.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel