English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Wisata Susur Gua

Susur gua (caving) atau juga dikenal dengan sebutan jelajah gua merupakan olahraga rekreasi menjelajahi gua. Olahraga ini termasuk salah satu kegiatan alam yang ekstrem. Sebab, akan banyak rintangan dan tantangan yang akan dihadapi. Selain itu, caving ini juga salah satu kegiatan dalam menguji ketahanan fisik dan adrenalin.

Adapun tantangan dari olahraga susur gua ini, yakni tergantung dari gua yang akan dikunjungi. Tetapi sering sekali adanya negosisasi lubang, kelebaran dan air.

Pada saat menjelajahi gua, yang sering dilakukan adalah pemanjatan atau perangkakan. Sementara untuk peralatan yang akan banyak dipergunakan adalah tali.

Aktifitas susur gua pada dasarnya bukanlah kegiatan luar ruangan (outdoor) biasa. Sedikit berbeda dengan kegiatan alam lainnya, civing diperlukan keahlian khusus dan pemahaman tertentu sebelum melakukannya. Sebab, akan ada banyak dan beragam risiko yang dihadapi.

Itulah sebabnya susur gua atau jelajah gua termasuk ke dalam olahrag ekstrem. Meski demikian, petualangan menjelajahi gua memberikan pengalaman dan kenikmatan tersendiri bagi setiap individu.

Kegiatan ini juga bisa menjadi daya darik bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia, khususnya Sumatera Barat. Terlebih lagi bagi para pecinta alam dan susur gua.

Sebelum melakukan kegiatan susur gua, anda diharuskan untuk mengetahui beberapa tips aman dalam aktifitas civing ini. Terutama bagi para pemula yang ingin mencoba kegiatan tersebut:

  1. Mempelajari kondisi gua
  2. Yakin
  3. Kenali setiap peralatan dan juga fungsinya
  4. Waspada
  5. Jangan panik
  6. Tetap bertindak wajar selama caving
  7. Paduli terhadap caver lain
  8. Kewajiban saat melakukan caving
  9. Berdoa